Krisis Pangan Jadi Polemik Bangsa Indonesia


Beberapa tahun belakangan ini Indonesia dihadapkan pada krisis ketahanan pangan nasional. Banyak orang bertanya2, Indonesia kan negara agraris, mosok bisa kena krisis ketahanan pangan? Kita memang negara agraris, namun keberpihakan pemerintah terhadap para petani semakin berkurang dari tahun ke tahun.  Jika ini dibiarkan berlarut2 maka kita akan menjadi negara pengimpor pangan terbesar di dunia (untuk kasus beras sekarang sudah yang terbesar di dunia).
Saat ini ekspor produk pertanian dari negara2 maju cenderung meningkat, meskipun dihadapkan pada iklim yang tidak bersahabat. Ini berbanding terbalik dengan Indonesia yang justru menurun, hal ini dikarenakan ratio ketersediaan pangan terhadap pertumbuhan penduduk sangatlah kecil, sehingga sebagian besar produk pertanian tidak lagi diekspor tapi untuk memenuhi kebutuhan lokal. Ironisnya produk pertanian lokal terkadang malah tidak laku di masyarakat karena harganya yang lebih mahal dibanding produk pertanian sejenis yang di impor dari negara lain. Alhasil para petani pun enggan untuk mengembangkan usahanya, alih2 memperluas lahan, mereka justru menjual lahan pertanian mereka untuk perumahan ato industri yang menurut mereka lebih menguntungkan.
Opsi-opsi pemerintah mungkin cenderung dilematis, disaat harga kebutuhan pokok naik yang seharusnya menguntungkan petani/peternak, masyarakat kecil berteriak kelaparan, akhirnya pemerintah pun membuka keran impor sebesar2nya dan melakukan operasi pasar. Menurut saya operasi pasar terkadang justru kurang tepat sasaran. Seharusnya bentuk2 subsidi tersebut disalurkan langsung ke masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk food stamp mirip dana BLT dengan kerjasama dengan pihak bank, di mana masyarakat yang tidak mampu sebelumnya telah terdaftar melalui RT/RW/Kelurahan setempat. Cara ini justru lebih efektif dan efesien dalam pemberian subsidi. Dengan cara ini pemerintah tidak merugikan petani dan bisa membantu masyarakat kecil terkait dengan naiknya harga kebutuhan pokok.
Food Trap juga menjadi salah satu faktor yang menggerogoti devisa negara dan membawa bangsa ini menjadi pengimpor pangan terbesar di dunia. Semenjak Amerika Serikat memberikan bantuan gandum dalam jumlah besar, dan diikuti dengan dibangunnya pabrik gandum terbesar sedunia di Indonesia, kita menjadi bangsa yang terjajah oleh gandum. Mie dan roti pun seakan tak lepas dari kehidupan kita sehari2. Sudah saatnya kita mulai melakukan diversifikasi pangan seperti negara Jepang yang menggunakan singkong sebagai bahan baku mie. Sebetulnya diversifikasi pangan sudah ada sejak dulu, misalnya penggunaan jagung di madura atau sagu di papua, namun sekarang yang nampak adalah berasisasi.
Negara2 maju melakukan proteksi terhadap petani2 mereka, proteksi itu bisa dalam bentuk insentif, ketersediaan penunjang pertanian, bahkan harga jual yang layak. Mungkin pemerintah bisa mulai meniru mereka, misalnya dengan menjamin ketersedian bibit murah, pupuk murah dan tidak menjatuhkan harga komoditi pertanian di tingkat petani. Bukankah petani juga bagian dari masyarakat Indonesia? ==> TANYA KENAPA??



Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sahabat Merdeka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger