Metode Penulisan
Abstrak yang efektif. Apa itu abstrak! Seperti apa abstrak itu! Bagaimana
metode penulisan abstrak! Mari sobat kita share bareng-bareng..
Abstrak merupakan
rangkuman atau ringkasan dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau
dengan kata lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas
mengenai isi suatu dokumen.
Abstrak merupakan
suatu ringkasan yang lengkap dan menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah.
Abstrak ditempatkan pada bagian awal artikel ilmiah. Penulisan abstrak yang
baik perlu dipertimbangkan mengingat bagian ini merupakan bagian artikel yang
dibaca setelah judul. Sangatlah beralasan, dibaca tidaknya suatu artikel ilmiah
tergantung pada kesan yang diperoleh pembaca saat membaca abstraknya. Bagian
artikel yang paling sulit dikerjakan adalah abstrak. Percaya tidak percaya,
Abstrak dalam bahasa Inggris merupakan satu kemutlakan yang harus ada
(persyaratan dalam akreditasi jurnal ilmiah).
Sama halnya dengan
sinopsis. Hanya dengan membaca abstrak, pembaca sudah bisa memahami apa yang
ada dalam sebuah tulisan ilmiah. Oleh sebab itu, abstrak harus jelas, singkat,
padat dan mudah dipahami .
Sifat-sifat abstrak adalah:
1.
Ringkas
2.
Jelas
3.
Tepat
4.
Berdiri sendiri
5.
Objektif
Dalam Penulisan
abstrak haruslah bersifat informatif dan deskriptif, artinya gini sobat, jadi
setiap informasi yang terkandung pada abstrak tersebut harus berdasarkan fakta.
Dengan kata lain, sangat tidak diperkenankan untuk mencantumkan informasi yang
tidak ada faktanya yang jelas dalam isi artikel pada suatu abstrak. Abstrak
yang baik harus mengandung empat unsur: hal pertama adalah argumentasi
logis, perlunya dilakukan observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah,
kedua pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode), ketiga hasil
yang dicapai dalam penelitian serta kesimpulan yang diperoleh. Jadi setiap
unsur hendaknya diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas, dengan
demikian keseluruhan abstrak menjadi tidak terlalu panjang.
Abstrak berisi
pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide yang paling penting. Abstrak
memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian (untuk penelitian
kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang diteliti)dan ringkasan hasil
penelitian (bila dianggap perlu, juga simpulan dan implikasi). Tekanan diberikan
pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti hipotesis, pembahasan dan saran
tidak perlu disajikan.
Fungsi abstrak
adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal hasil penelitian yang
telah dibuat. Uraian yang hanya satu halaman tersebut memudahkan abstrak untuk
dimasukkan dalam jaringan internet. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda
mengetahui hasil penelitian tanpa harus membaca keseluruhan penelitian yang
berlembar-lembar. Sehingga dengan adanya abstrak dapat membantu mencari
referensi penelitian yang dicari.
Adapun tujuan
pembuatan abstrak adalah :
1. Untuk
melengkapi tulisan ilmiah seseorang.
2. Untuk
membantu pengguna informasi memperpendek
waktu pemilihan imformasi.
3. Untuk
mengatasi kendala bahasa.
Halaman abstrak
menyajikan intisari skripsi, yang mencakup :
1. Masalah
utama yang diteliti dan ruang lingkupnya.
2. Metode
yang digunakan.
3. Hasil
yang diperoleh.
4. Kesimpulan
utama dan saran yang diajukan (bila ada).
Jangan sekali-kali
mencamtumkan informasi ataupun kesimpulan yang tidak dibahas dalam skripsi.
Kata kunci adalah
kata pokok yang menggambarkan daerah masalah yang diteliti atau istilah-istilah
yang merupakan dasar pemikiran gagasan dalam karangan asli dan berupa kata
tunggal atau gabungan kata. Kata kunci diperlukan untuk kepentingan
komputerisasi sistem informasi ilmiah. Dengan kata kunci dapat ditemukan dengan
mudah judul-judul penelitian beserta abstraknya .
Halaman abstrak
bahasa Inggris diketik pada halaman baru. Ketentuannya sama dengan abstrak
dalam bahasa Indonesia
Adapun hal-hal yang
perlu ada dalam abstrak adalah :
1. Masalah yang
akan diteliti.
2. Metode yang
digunakan dalam penelitian.
3. Hasil yang
diperoleh pada penelitian.
4. Kesimpulan.
5. Kata kunci.
Hal-hal yang tidak
diperbolehkan ada dalam abstrak yaitu sumber acuan, informasi lain yang tidak
berhubungan dengan penelitian dan gambar atau tabel.
Adapun format
penulisan abstrak adalah sebagai berikut.
1. Awal
kalimat merupakan kata benda.
2. Terdiri
dari maksimal 250 kata, diluar kata depan
dan kata sambung.
3. Dalam
bentuk satu paragraf.
4. Menggunakan
spasi
5. Menggunakan
huruf Times New Roman.
6. Terdapat
kata kunci yang terdiri dari maksimal 5 kata
dan disusun secara alfabet.
7. Ditulis
sebelum bab pendahuluan.
8. Rata
kiri-kanan.
9. Ditulis
dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt.
Share it to your friends..!
Posting Komentar